Example 728x250
Berita PilihanHeadlineLampung Tengah

Baroji: Wilayah Timur Lamteng Potensi Agrobisnis dan Agrowisata

278
×

Baroji: Wilayah Timur Lamteng Potensi Agrobisnis dan Agrowisata

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM, Lampung Tengah – Wilayah timur Kabupaten Lampung Tengah memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah, seperti hasil pertanian, perkebunan, dan hasil bumi lainnya. Sehingga, dirasa tepat untuk mencanangkan daerah tersebut sebagai pusat agrobisnis dan agrowisata.

Konsep itu dikemukakan anggota DPRD Lampung Tengah daerah pemilihan II periode 2019-2024, Baroji, saat ditemui di kediamannya di kawasan Buminabung, belum lama ini.

Konsep itu, menurut Baroji, merunut aspek sumberdaya alam Lampung Tengah yang memiliki basic pertanian dan perkebunan.

“Pembangunan infrastruktur merupakan bagian tak terpisahkan dari kemajuan sebuah daerah. Apa lagi di kabupaten besar seperti Lampung Tengah. Itu bukan hanya menjadi penting untuk diwacanakan, tetapi prioritas untuk dilaksanakan,” kata Baroji membuka perbincangan.

Menurut Baroji, pembangunan sektor pertanian dan pariwisata di wilayah timur Lampung Tengah, menjadi opsi yang patut dianalisa mendalam. Sebab, program itu menjadi bagian dari program Nawacita.

“Kita bisa mulai pembangunan sektor pertanian dikombinasikan dengan konsep kreatif. Kenapa tidak kita terapkan konsep edukatif. Misalnya, kita buat objek wisata berkonsep pertanian. Kita manfaatkan lahan sawah yang ada, kita sinergikan dengan program unggulan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Alasan ekonomis saja, imbuh Baroji, para petani ataupun pengusaha dan investor lainnya di wilayah itu, dapat mengemas lokasi wisata dengan kreatif dan tidak meninggalkan aspek edukasi.

“Selain itu, pada wahana itu kita bisa mengedukasi pengunjung tentang proses bertani atau lainnya, dan juga bisa menjadi sarana jual beli hasil bumi ataupun produknya yang sudah dikemas ekonomis,” ungkapnya.

Dilanjutkan Politisi Partai Demokrat ini, apabila konsep tersebut dapat diterapkan di wilayah timur Lampung Tengah, maka dia optimis, daerah itu secepatnya akan menjadi zona mandiri dan sudah siap untuk menyongsong pemekaran Lampung Tengah menjadi Kabupaten Seputih Timur.

“Apa lagi tak lama, nantinya akan dibangun dermaga di Kampung Cabang, Kecamatan Bandar Surabaya, atas kerjasama pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Bisa dibayangkan akan maju seperti apa wilayah ini,” jelas Baroji.

Selain itu, dipaparkan Baroji, di wilayah timur juga terdapat Danau Tirta Gangga yang sangat fenomenal dengan panorama alamnya.

“Kalau di timur Lampung Tengah bisa dibangun konsep agrobisnis dan agrowisata, saya yakin wilayah ini makin pesat kedepannya. Terlebih untuk kesiapan pemekaran Seputih Timur,” support Baroji. (Sur/Dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }