Buka Perkemahan HUT Bhakti Baden Powell 2020, Ini Pesan Wakil Bupati Waykanan

KARYANASIONAL.COM – Wakil Bupati Waykanan, Edward Antony secara resmi membuka Perkemahan HUT Bhakti Baden Powell Tahun 2020, di Halaman Kantor Camat Buay Bahuga, Kamia 20 Februari 2020.

Dalam sambutannya, Edward Antony mengatakan, maksud dan tujuan dari latihan pramuka ini adalah untuk memperbaiki mutu warga negara yang akan datang, khususnya karakter dan kesehatan yang mengutamakan bhakti daripada diri pribadi.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk menjadikan pemuda sebagai individu yang efisien, moral dan fisiknya. Sehingga berguna bagi kebaktian serta pengabdian mereka pada nusa dan bangsa.

“Sebagaimana yang pernah disampaikan Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, yakni tradisi kita tidaklah menyuruh anak-anak untuk latihan tali temali dan main main, atau menyuruh melakukan permainan seperti orang Indian di hutan belukar, tapi membantu anak muda untuk menjadi warga negara yang jujur, efisien, setia dan bertanggung jawab.
Tidak hanya bagi masyarakat dan tanah air sendiri, tetapi juga bagi seluruh dunia. Semoga pesan kedua Tokoh kepramukaan ini dapat kita pedomani untuk berkarya nyata sekaligus bagian dari pengabdian dan amal kehidupan kita,” harapnya.

Orang nomor dua di Waykanan itu menuturkan, perkemahan peringatan baden powell tahun 2020 ini merupakan salah satu upaya pembentukan watak generasi muda untuk menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

“Kegiatan pramuka adalah karya nyata bukan sekedar wacana. Seperti yang tercantum dalam visi dan misi Gerakan Pramuka, yakni Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal. Problematika generasi muda saat ini sangatlah komplek, apalagi dengan perkembangan tehnologi yang semakin cepat. Untuk itu harapan kita bersama bahwa generasi mendatang harus dibekali, tidak hanya ilmu pengetahuan saja tetapi juga mental, moral dan budi pekerti yang baik,” pesannya.

Dia menambahkan, dengan adanya wabah penyakit demam berdarah yang saat ini mulai berkembang di sekitar lingkungan, maka kegiatan perkemahan HUT bhakti baden powell diharapkan seluruh anggota pramuka terutama yang berpangkalan di sekolah-sekolah agar aktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara rutin di lingkungannya masing masing.

“Kepada para Kakak Pembina saya harap untuk melakukan bimbingan dan pengarahan kepada peserta didiknya, dalam rangka menjaga kesehatan dilingkungannya dan tidak segan-segan memberikan penghargaan berupa tanda kecakapan bagi mereka yang menjalankan tugasnya dengan baik. Dan tentunya kegiatan ini bisa dijalankan di semua Kwartir Ranting.  Hal ini selain menanamkan cinta lingkungan bagi peserta didik juga dalam upaya mempersiapkan generasi muda yang efisien, sehat jasmani maupun rohani,” pungkasnya. (Rahmat)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }