Terima Aksi Demo F-hukatan KSBSI Lamteng, Ini Pesan Sumarsono

KARYANASIONAL.COM – Ketua DPRD Lampung Tengah (Lamteng) Sumarsono menerima langsung aksi demo yang dilakukan Federasi Kehutanan Industri Umum Perkayuan Pertanian dan Perkebunan, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (F-hukatan KSBSI), di Rumah Dinasnya, Rabu (11/3/2020),

Dalam unjuk rasa yang digelar di depan Kantor Bupati Lamteng tersebut, ratusan pendemo menolak dengan tegas adanya RUU Omnibuslaw Cipta Kerja.

Pantauan dilokasi, Ketua DPRD Lamteng Sumarsono sempat duduk bersama dan meminta para pendemo untuk menyampaikan aspirasinya dengan baik, dan tidak membuat keonaran.

“Negara kita adalah negara demokrasi. Jadi setiap warga negara punya hak untuk menyampaikam aspirasi. Silahkan unjuk rasa sesuai harapan kalian, tapi saya harap para pendemo tidak membuat keonaran yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat,” pesan Sumarsono.

Dalam unjuk rasa tersebut, pendemo mendesak pemerintah daerah Kabupaten Lampung Tengah agar dapat menyampaikan aspirasinya ke Pemerintah Pusat, bahwa secara tegas F-hukatan KSBSI Lamteng menolak RUU Omnibuslaw Cipta Kerja.

“Kami menolak adanya RUU Omnibuslaw Cipta Kerja, dan meminta pemerintah meninjau kembali kenaikan iuran BPJS Kesehatan Mandiri, serta daftarkan seluruh pekerja dan honorer pada BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan,” tegas Ponijan, Ketua DPC F-hukatan KSBSI Lamteng dalam orasinya.

Selain itu, para pendemo meminta pemerintah pusat agar outsourcing semua jenis pekerjaan tidak ada batas waktu lama perjanjian kerja, dan hak pesangon dipangkas, serta PHK dapat dilakukan semena-mena dan hak pengunduran diri hilang.

“Kami juga mendesak pemerintah pusat agar menurunkan kembali iuran BPJS Mandiri, dan daftarkan seluruh pekerja dan honorer pada BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Kami harap aspirasi ini dapat segera ditindaklanjuti pemerintah daerah,” ujarnya.

Dari hasil musyawarah F-hutan KSBSI bersama Asisten II Bidang Kesra, Kusuma Riyadi yang didampingi Kadisnakertrans Sofyan dan Kasatpol PP Lamteng Rosidi, perjuangan dan aspirasi pendemo akan ditindaklanjuti ke pemerintah pusat.

“Unjuk rasa para pendemo segera kita tindaklanjuti ke pemerintah pusat. Semoga aspirasi ini dibangun dengan penuh kedamaian. Kami siap membantu semaksimal mungkin untuk kesejahtraan masyarakat,” ungkap Kusuma Riyadi. (red)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }