Kepala BPSDM Lampung Buka Bimtek Program Pengembangan Kompetensi Pimpinan Daerah 

KARYANASIONAL.COM – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Lampung Kherlani yang diwakili Sekretaris BPSDM Adi Sriyono, secara resmi membuka Bimbingan Teknis Program Pengembangan Kompetensi Pimpinan Daerah Bagi Camat Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2020 di Aston Lampung City Hotel, Senin (16/03/2020).

Diikuti sebanyak 70 peserta yang terbagi menjadi dua angkatan dengan kuota per Kabupaten/Kota, Bimtek ini dilaksanakan pada tanggal 16-18 Maret 2020.

Kherlani mengatakan Bimtek ini dalam rangka meningkatkan kompetensi sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

Ia menyebutkan diharapkan para Camat nantinya mampu melaksanakan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah serta instansi secara vertikal dalam bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

Kemudian, melaksanakan koordinasi serta menyelaraskan perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah serta instansi secara vertikal dalam bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

Kemudian memahami tentang Peningkatan Kinerja, Tugas Pokok dan Fungsi Camat serta Inovasi Daerah.

“Lalu melaksanakan evaluasi terhadap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan pada tingkat kecamatan dan memberikan laporan atas penyelenggaraan dari suatu kegiatan pemerintahan pada tingkat kecamatan kepada Walikota atau Bupati,” ujarnya.

Kherlani meminta agar dalam pelaksaan Diklat tersebut untuk menjaga disiplin dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan bimtek yang teIah ditentukan oleh penyelenggara.

Kemudian membangun kerjasama yang harmonis baik antar sesama peserta bimtek maupun dengan tenaga pengajar dan Penyelenggara

“Manfaatkan hasil dari Bimtek ini untuk diaktualisasikan ditempat tugas Anda masing-masing,” katanya.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial Elip Heldan mengatakan tujuan diselenggarakannya Bimtek Camat di Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung yakni pemahaman tugas, pokok dan fungsi Camat sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Kemudian, meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia dan meningkatkan pemahaman tentang standar pelayanan pemerintah, memahami ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme dan wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI serta memahami inovasi daerah.

“Dengan sasaran yang ingin dicapai yakni terwujudnya sinergi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Camat,” ujarnya.

Untuk materi yang disampaikan pada Bimtek ini yakni muatan lokal dan isu-isu aktual, dinamika kelompok, Program Pelayanan Paten, Rencana Aksi Program Pelayanan Paten, Inovasi Daerah, Ideologi Pancasila serta Review Kebijakan Diklat dan tindaklanjut. (Helmi)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }