Example 728x250
DaerahLampung Utara

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020

404
×

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Dari sudut positif, kita tidak bisa membangunkan kultur kepribadian kita dengan sebaik-baiknya kalau tidak ada rasa kebangsaan yang sehat.

Pancasila bukan hanya untuk dihafal semata tetapi penuh makna.

Sila 1. inspirasi nilai ketuhanan yang maha esa yang dengannya kehidupan kita diwarnai nilai-nilai keyakinan (agama, norma, nilai) dan mengutuk atheisme dan nilai-nilai yang jauh dari ketuhanan.

Sila 2. kemanusiaan yang adil dan beradab, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab kita menolak paham radikalisme dan destruktif dalam merusak dan menumpahkan darah sesama anak bangsa.

Sila 3. persatuan Indonesia, dengan persatuan indonesia kita menolak perpecahan bangsa dengan alasan apapun termasuk mengatasnamakan agama, suku, ras, dan antargolongan.

Dengan menjiwai semangat persatuan Indonesia BHINNEKA TUNGGAL ika justru suku, agama, ras, dan berbagai antargolongan kita bersatu untuk kemajuan bangsa.

Sila 4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dengan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan kita menolak kepentingan satu golongan.

Dan dengannya nuansa musyawarah mufakat menjadi cerminan pedoman, penghayatan, dan pengamalan nilai pancasila.

Sila 5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan keadilan sosial bagi seluruh indonesia kita menolak pembangunan yang tidak berkeadilan.

Sejenak merenung dan terilhami dengan nilai pancasila dengan ketuhanan yang maha esa kita diwarnai nilai-nilai keyakinan (agama, norma, nilai) dan mengutuk atheisme, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab kita menolak paham radikalisme.

Dengan persatuan indonesia kita menolak perpecahan bangsa dengan alasan apapun, dengan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan kita menolak kepentingan satu golongan.

Dengan keadilan sosial bagi seluruh indonesia kita menolak pembangunan yang tidak berkeadilan.

Pancasila tak hanya dijadikan untuk sebuah hafalan semata, namun amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila.

Mari kita kembali tanamkan di dalam hati juga jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang berideologi Pancasila.

Mari kita semua cintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi azaz kebersamaan, musyawarah, persamaan derajat, juga saling tolong menolong (gotong royong).

Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, 1 Juni 2020.

Seperti kata Bijak yang terucap dari Tokoh Nasional RI, Soekarno.

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

“Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.”

“Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku goncangkan dunia”. (Apala)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }