Example 728x250
Berita PilihanPesisir Barat

Pemkab Pesibar Gelar Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan

135
×

Pemkab Pesibar Gelar Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), secara marathon sejak beberapa waktu lalu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat kecamatan.

Kali ini Musrenbang RKPD tingkat kecamatan untuk Kecamatan Krui Selatan, Pesisir Tengah, dan Pulaupisang itu merupakan Musrenbang RKPD yang terakhir dengan dipusatkan di Kecamatan Krui Selatan, Kamis (23/2/2023).

Kegiatan dimaksud dihadiri Ketua Tim I Musrenbang RKPD tingkat kecamatan, Syaifullah, sekaligus mewakili Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur forkopimda, perwakilan tim Musrenbang RKPD tingkat kecamatan, para camat, peratin, dan Forum Anak Daerah setempat.

Pelaksanaan kegiatan Musrenbang RKPD tersebut berdasarkan Amanat Pasal 95 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017, dimana musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan yaitu pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

Dalam sambutan Bupati Agus Istiqlal, yang disampaikan Ketua Tim I Musrenbang RKPD tingkat kecamatan, Syaifullah, menjelaskan bahwa sebagai sebuah proses rutin tahunan, Musrenbang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi, dan pembangunan saat ini.

Lebih lanjut Syaifullah menerangkan, musrenbang juga dapat dijadikan sebagai media perencanaan pembangunan bagi seluruh stakeholder dalam rangka penyusunan RKPD.

“Pelaksanaan Musrenbang menjadi media interaktif bagi seluruh masyarakat di kecamatan guna mendukung implementasi program kegiatan tahun anggaran berikutnya,” jelasnya.

Syaifullah berharap proses penyusunan RKPD Tahun 2024 dapat berjalan dengan tepat, sehingga target penetapan RKPD dapat tercapai sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. (Rikki)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }