Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
HeadlineWay Kanan

Pemkab Way Kanan Gelar Upacara HUT Ke-59 Provinsi Lampung

65
×

Pemkab Way Kanan Gelar Upacara HUT Ke-59 Provinsi Lampung

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan menggelar Upacara HUT Ke-59 Provinsi Lampung, dengan Inspektur Upacara Bupati Raden Adipati Surya, di Halaman Kantor Bupati setempat, Jum’at (17/03/2023).

Example 300x600

Acara tersebut turut hadiri oleh,Wakil Bupati Way Kanan,Ali Rahman,Ketua DPRD Way Kanan, Nikman Karim, Forkopimda, Sekdakab, Saipul, para Staf Ahli Bupati, para Asinsten Sekda, Inspektur Kabupaten, Sekwan, Kepala OPD, Kabag Setdakab, Ketua TP PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Way Kanan serta undangan lainnya.

Bupati Way Kanan, Raden
Adipati Surya pada pelaksanaan upacara tersebut menyampaikan sambutan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Sambutan Gubernur Lampung,yang disampaikan Bupati Adipati mengatakan,sebagaimana diketahui bersama bahwa Provinsi Lampung dibentuk dengan dasar ditetapkannya Peraturan Pemerintah,pengganti Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1964 pada awal pembentukan dibagi menjadi 4(empat)Wilayah Administrasi yaitu Kabupaten Lampung Utara,Kabupaten Lampung Tengah,Kabupaten Lampung Selatan dan Kotapraja Tanjung Karang-Teluk Betung dan sampai saat ini Provinsi Lampung terbagi kedalam 15(lima belas)Kabupaten/Kota.

Sejalan dengan Tema”Lampung Bersinergi,Lampung Berpotensi” saya berharap kedepan seluruh elemen masyarakat Lampung dapat terus besinergi hidup berdampingan dengan rukun dan damai.Sehingga kita dapat bersama-sama untuk terus mengukir prestasi,demi kesejahteraan masyarakat menuju Lampung Maju dan Berjaya.

Lanjutnya, pada acara ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat,yang telah turut serta berpartisipasi dalam membangun hubungan harmonis di wilayah Provinsi Lampung,hal ini terbukti dari :
1.Indeks Kerukunan Umat Beragama(KUB).
Provinsi Lampung meraih angka kinerja 72,44 diatas angka KUB Nasional yaitu 72,39 yang mengindikasikan bahwa kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung saat ini dalam kondisi yang baik,dimana tercipta kondisi yang aman dan rukun.

2.Nilai Indeks Demokrasi Indonesia(IDI)
Provinsi Lampung saat ini menempati peringkat ke 8 (katagori tinggi) dari 34 Provinsi se-Indonesia,dengan capaian 80,18 yang menandakan bahwa Demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik di Provinsi Lampung.

3.Indeks Pembangungan Kebudayaan(IPK)
Provinsi Lampung juga berhasil melampaui capaian Nasional,dengan angka 53,19 dimana capaian Nasional 51,90,hal ini menjadi gambaran kemajuan pembangunan kebudayaan di Provinsi Lampung.

Bupati Adipati menambahkan,usia ke-59 dapat memiliki makna yang penting,karena menunjukkan bahwa Provinsi Lampung telah berusia cukup matang dan memiliki sejarah yang panjang dalam membangun dan mengembangkan wilayahnya.

Diusia ini Provinsi Lampung diharapkan telah memiliki pondasi yang kuat dalam hal infrastruktur,ekonomi,pendidikan dan kebudayaan. Selain itu HUT ke-59 juga dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama ini,serta merumuskan rencana strategis untuk mengatasi masalah dan mempercepat pembangunan dimasa yang akan datang.

Perayaan HUT ke-59 juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan identitas masyarakat Lampung,serta membangkitkan semangat kebanggaan dan cinta akan tanah kelahiran. Acara perayaan dapat juga menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah,melalui peningkatan aktivitas Pariwisata dan budaya loyal serta promosi UMKM produk unggulan Lampung.

Akhirnya ucapan terimakasih dan penghargaan kepada para pendahulu kita,yang telah berjasa dalam membangun bumi Lampung yang kita cintai,yang telah tulus dan ikhlas memberi “sumbangsih” dalam membangun dan berperan untuk kemajuan daerah Lampung.

“Dirgahayu Provinsi Lampung” semoga Allah SWT -Tuhan YME senantiasa memberi kekuatan,bimbingan dan perlidungannya kepada kita sekalian dalam upaya memajukan Daerah Lampung – Sai Bumi Ruwa Jurai yang kita cintai dan kita banggakan”, pungkas Bupati Adipati. (Hifni)