Example 728x250
Way Kanan

Wabup Ali Rahman Shalat Idul Adha di Masjid Jami’ Al-Hidayah Sangkaran Bhakti Kecamatan Blambangan Umpu

53
×

Wabup Ali Rahman Shalat Idul Adha di Masjid Jami’ Al-Hidayah Sangkaran Bhakti Kecamatan Blambangan Umpu

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Wakil Bupati Kabupaten Way Kanan Drs. Hi. Ali Rahman, M.T menghadiri sekaligus mengikuti pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Jami’ Al-Hidayah Dusun 1 Kampung Sangkaran Bhakti Kecamatan Blambangan Umpu. Kamis, 29 Juni 2023.

Mengawali sambutannya Wabup mengajak seluruh lapisan masyarakat agar manfaatkan momen ini untuk saling memaafkan satu sama lain. Selain merupakan bagian dari akhlaqul karimah, memaafkan juga membutuhkan pengorbanan, keikhlasan, dan kekuatan hati untuk dilakukan.

Wabup juga mengajak agar kita hayati momen ini untuk tunduk sepenuhnya pada Allah SWT yang maha besar. Seraya merenungkan kembali keteladanan agung Nabi Ibrahim Alaihissalam, ketika ia mendapat perintah untuk mengorbankan putra terkasihnya, Nabi Ismail Alaihissalam, yang telah teruji memiliki keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan multak terhadap Allah SWT.

“Dari ketauladanan ini pula, kita semua dapat belajar, bahwa betapa pentingnya keikhlasan dalam menjaga dan mendidik anak-anak kita, apalagi diera serba digital dan canggih saat ini, mari bersama kita perkuat akidah dan ahlaq generasi penerus kita, dengan mengajarkan ilmu agama di TPA, Musollah, Masjid atau tempat guru mengaji, sehingga anak-anak
kita terhindar dari hal-hal yang menyimpang yang tidak dianjurkan dalam agama Islam,” ujar Wabup.

Sebagaimana lazimnya pada Hari Raya Idul Adha, umat muslim dapat berpartisipasi dan ikut serta memperingati hari raya idul adha dengan penuh kegembiraan. Seperti peristiwa penyembelihan hewan kurban dan banyak warga masyarakat yang memberi dan menerima daging qurban. Untuk itu kepada panitia penyembelihan hewan kurban, kiranya dapat memperhatikan tahapan dan proses pemotongan hewan dengan memperhatikan kebersihan tempat dan alat yang digunakan, dan daging kurban saat diedarkan kemasyarakat kiranya tidak menggunaan kantong plastik, mengingat kantong plastik merupakan hasil olahan limbah yang tidak di ketahui asal usulnya, bisa saja dari bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit atau limbah logam berat lainnya, sehingga sangat berbahaya apabila digunakan sebagai pembungkus makanan, selain itu limbah atau sampah yang di hasilkan dari plastik tersebut tidak mudah terurai bahkan hingga ratusan tahun lamanya.

“Sebagai penggantinya Bapak, Ibu dapat mengunakan wadah yang ramah lingkungan seperti bakul yang terbuat dari anyaman bambu, anyaman purun atau daun pisang yang mudah dijumpai di sekitar kita,” lanjut Wabup.

Sejalan dengan hikmahnya sebagai hari idul qurban, hari ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar, tahan uji dan tegar menghadapi cobaan kehidupan, serta dapat menciptakan rasa saling menghargai satu sama lain, terlebih tahun ini adalah tahun politik dan pemilu ditahun 2024 nanti dilaksanakan secara serentak, kerukunan sangat dinamis. Untuk itu, diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kekompakan, kerukunan dan persaudaraan, sehingga kondisi kondusif masyarakat Way Kanan tetap senantiasa harmonis, karena perbedaan sudah menjadi ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka, perbedaan sudah semestinya digunakan untuk mempererat persaudaraan, bukan menimbulkan perpecahan.

Marilah kita bersama-sama untuk mendoakan agar para jammah haji yang sedang berada di tanah suci dalam menunaikan ibadah haji, semoga senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, perlindungan, dan kemampuan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan umrah serta kembali ke tanah air
dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” tutup Wabup Ali Rahman. (Hifni)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }