Example 728x250
Daerah

Bupati Agus Istiqlal Melantik Peratin Terpilih Antar Waktu Pekon Kota Jawa

10
×

Bupati Agus Istiqlal Melantik Peratin Terpilih Antar Waktu Pekon Kota Jawa

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL – Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH, MH, melantik Peratin Terpilih Antar Waktu Pekon Kota Jawa Kecamatan Bangkunat, Hendra, S.Pd, bertempat di Balai Pekon.Jumat (19/1/2024).

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Pj Sekda, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK),Septi Istiqlal, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), L. Liastuti, S.Pd, MM, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesibar, Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Bangkunat, tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat.

Bupati Agus Istiqlal mengawali sambutannya dengan ucapan terima kasih terhadap Pj. Peratin, Lembaga Himpun Pekon (LHP), dan panitia pemilihan hingga terlaksananya proses pemilihan peratin antar waktu melalui musyawarah pekon.

Bupati Agus Istiqlal mengatakan sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan, Peratin merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggungjawab setiap kebijakan yang akan diambil dan dilaksanakan oleh pemerintahan pekon.

“Dalam menjalankan tugas menyelenggarakan urusan pembangunan, peratin dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki”.

Selain itu,lanjut Agus Istiqlal,Peratin juga dituntut mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah yang diterima pekon. “Sinergitas ini diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan,” jelasnya.

Kepada Peratin yang baru dilantik, Bupati Agus Istiqlal juga menekankan beberapa hal dalam penyelenggaraan pemerintahan pekon, diantaranya segera menyesuaikan diri dan bekerja dengan memahami situasi, kondisi, potensi, problematika, serta aspirasi yang ada di masyarakat. “Selalu mengedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan, dan terbuka didalam bekerja dan melayani masyarakat,”

Sebagai Kepala Pemerintahan baik tingkat bawah juga harus mampu meningkatkan kapasitas SDM dan inovasi untuk menghindari persoalan, menjalin hubungan yang harmonis antara pemerintahan pekon dengan LHP.

READ  Bupati Pesisir Barat Terima Audensi PARKASI

“Bekerjasamalah dengan mitra di tingkat pekon, sehingga penyelenggaraan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu pilar kokohnya dalam menentukan kemajuan pembangunan pekon,”

Atas nama Pemkab Pesibar kami menyampaikan selamat atas dilantiknya peratin terlantik, yang diharapkan mampu membawa wajah dan pemikiran yang aktual dalam mengisi pembangunan pekon, serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,”

Terakhir, Bupati Agus Istiqlal meminta peratin menjalankan pemerintahan pekon dengan baik, mencintai dan merangkul masyarakat dengan adil, dan istiqomah dalam menjalankan tugas. “Tentu dengan harapan Pekon Kota Jawa menjadi pekon yang maju, sejahtera, unggul, dan religius, serta mendapat keberkahan dari Allah SWT,” pungkas nya. (Rikki)

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }