Example 728x250
Way Kanan

Wabup Ali Rahman Buka Giat Motivasi Pendidikan Bagi Pelajar Di Kecamatan Negeri Agung

714
×

Wabup Ali Rahman Buka Giat Motivasi Pendidikan Bagi Pelajar Di Kecamatan Negeri Agung

Sebarkan artikel ini

WAY KANAN – Wakil Bupati Drs. H. Ali Rahman, MT membuka Acara Motivasi Pendidikan Kepada Siswa-Siswi SMA/SMK Se-Kecamatan Negeri Agung di Aula SMA Negeri 1 Negeri Agung, Jum’at (02/08/2024).

Pada acara bertajuk “Belajar Menggapai Impian”, Wabup Ali Rahman menyampaikan bahwa saat ini dalam era Revolusi Industri 4.0 dan memasuki era Society 5.0. Ketika berbicara mengenai kesiapan, Bangsa Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan mempersiapkan diri menyambut era Society 5.0 salah satunya adalah ditandai dengan pengoptimalan peran generasi muda. Dimana pada era ini, peran generasi muda selaku generasi penerus sebagai modal kemajuan Bangsa Indonesia di masa mendatang turut menjadi salah satu upaya dalam mengoptimalkan peran para generasi muda.

“Tentunya para generasi muda diharapkan untuk memiliki perilaku kreatif dan inspiratif, cenderung membangun pola kerja dengan keterampilan interpersonal yang kuat. Generasi muda yang kreatif, inovatif dan produktif, sejak diri tentunya perlu diperkaya dengan keterampilan soft skill yang dapat dijadikan sebagai modal persiapan dalam menghadapi era Society 5.0 di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Way Kanan”, ujar Wabup Ali Rahman.

Satu hal yang pasti ketika kita berbicara mengenai kehadiran era Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0, tentunya juga akan turut dihadapi oleh Satuan Pendidikan, khususnya para pendidik di Way Kanan. Untuk itu, lanjut Wabup Ali Rahman, dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi kedua era tersebut, sejatinya dibutuhkan perubahan paradigma mengenai sistem Pendidikan oleh para pendidik. Dimana perubahan dimaksud adalah dengan meminimalkan peran para pendidik sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik serta pendidik berperan sebagai fasilitator, tutor, penginsprirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik untuk “Merdeka Belajar”.

“Saya pribadi menilai, kegiatan ini yang diadakan dimulai dari rekan-rekan guru, para siswa siswi, dan orang tua murid merupakan Langkah tepat sebagai upaya dalam mengoptimalkan peran para generasi muda menghadapi kehadiran era Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0, yang tentunya kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi para peserta didik salah satunya sebagai wadah belajar para peserta didik untuk meningkatkan kemampuan entrepreneur, pola piker serta mengembangkan kemampuan berorgansiasi”, lanjutnya.

Diakhir sambutannya, Wabup Ali Rahman menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan mendukung kegiatan tersebut untuk terus dilaksanakan dan menjadi suatu agenda rutin dalam kegiatan Sekolah. Karena kegiatan semacam ini merupakan wadah yang tepat bagi siswa siswi untuk belajar berkomunikasi, menambah wawasan dan menjalin relasi.

“Tentunya juga diharapkan dari kegiatan seperti ini, dapat meningkatkan sikap kritis dan positif para peserta didik dalam menghadapi berbagai situasi dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0”, tutup Wabup Ali Rahman.

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }