Example 728x250
Lampung Utara

Agung Minta Alat Tradisional Budaya Lampung Terus Dilestarikan Agar Dapat dirasakan Masyarakat Di Ma

353
×

Agung Minta Alat Tradisional Budaya Lampung Terus Dilestarikan Agar Dapat dirasakan Masyarakat Di Ma

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM, LAMPURA_ Sebagai bentuk kecintaanya dengan alat musik tradisional Bupati Lampung Utara Hi. Agung Ilmu Mangkunegara menyerahkan alat usik kulintang. Salah satu tokoh adat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lampura atas kehadirannya, dan berharap dengan kehadiran Bupati Agung dapat lebih meningkatkan tali silaturahmi yang ada di Kabupaten Lampura, serta mengucapkan terima kasih atas bantuan alat musik Kulintang yang diberikan hari ini, sehingga diharapkan dapat berkesimbungan dalam melestarikan adat budaya Lampung.

“Terima kasih telah memperhatikan alat seni budaya asli Lampung dan selanjutnya kami akan merawat dan melestarikannya,”ungkapnya.

Adapun penyerahan bantuan Alat Musik Tradisional berupa satu set Kulitang diserahkan secara simbolis kepada masing-masing tokoh adat dari Kecamatan Kotabumi Selatan, Muara Sungkai dan Sungkai Jaya oleh Bupati Lampura.

Dalam sambutannya, Bupati Lampura merasa bangga karena dengan acara penyerahan bantuan ini semua tokoh masyarakat dapat berkumpul, dan menurutnya pembangunan bukan hanya tentang perbaikan jalan atau program gratis lainnya, tetapi pembangunan yang baik adalah pembangunan yang terjadi dalam pola pikir masyarakat, berkenaan dengan penyerahan bantuan satu set alat musik kulintang merupakan sarana pembangunan adat budaya, dengan kemajuan teknologi banyak anak-anak muda mulai meninggalkan tradisi adat kebudayaan, sehingga hanya sedikit orang yang masih mencintai adat kebudayaan.

Lebih dalam Bupati menuturkan, seni budaya merupakan ciri khas dan identitas suatu daerah yang harus dibudayakan, sehingga jika tidak dilestarikan dan tidak dijaga, maka seni budaya daerah ini akan di ambil oleh daerah lain bahkan negara lain dan alat kulintang ini tidak akan dirasakan manfaatnya apabila tidak dirawat dengan baik.

Sama halnya dengan budaya, setiap suku mempunyai budaya masing-masing yang harus dijaga dan dilestarikan, dirinya mengungkapkan dengan penyerahan bantuan Alat Seni Kulintang ini dapat semakin melestarikan kesenian tradisional budaya Lampung, khususnya Lampung Utara dan dengan adanya penyerahan Alat seni kulintang tersebut, dapat menumbuhkan kembali rasa cinta masyarakat terhadap musik tradisional Lampung.

“Dengan diserahkannya peralatan seni kulintang pada hari ini, dapat membantu menumbuhkan kesadaran kita semua akan pentingnya menjaga adat budaya seni daerah, sehingga ke depannya Provinsi Lampung, khususnya Lampung Utara dapat lebih terasa nilai budaya dan nuansa tradisionalnya,”harap Bupati Agung.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Lampura mengajak kepada seluruh masyarakat Lampura, khususnya Kecamatan Kotabumi Selatan, Muara Sungkai dan Sungkai Jaya agar dapat terus melestarikan alat tradisional budaya Lampung agar tidak punah dan tetap dapat dirasakan untuk masyarakat di masa depan.

“Dengan seni, hidup menjadi indah, jagalah keindahan musik Lampung sebagai ciri khas Lampung yang harus dijaga dan dilestarikan,”pesannya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }