Disparbudpora Tanggamus Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pelayanan Kepariwisataan

KARYANASIONAL.COM, Tanggamus_ Tanggamus adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki potensi sumberdaya alam yang melimpah. Dilihat dari kondisi geografnsnya, Tanggamus mempunyai hutan tropis, air terjun, maupun pantai-pantai yang indah.

Sedangkan jika dilihat dari latar belakang budayanya, masyarakat Tanggamus masih melestarikan upacara-upacara adat yang unik dan kaya akan seni dan kearifan lokal.

“Dimana kesemua itu merupakan potensi pariwisata dan budaya yang beragam, yang apabila dikelola dengan baik maka akan dapat memajukan ekonomi masyarakat,” ujar Asisten Bidang Administrasi Firman Rani dalam sambutannya mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani saat membuka Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pelayanan Kepariwisataan yang digelar di Aula Hotel 21 Gisting, Rabu (12/6).

Firman menyampaikan, untuk mengoptimalkan potensi pariwisata tersebut, diperlukan kerjasama berbagai pihak karena pengembangan pariwisata bersifat multifaktorial, baik dari pihak pemerintah, pelaku usaha jasa, maupun masyarakat. Kelompok sadar wisata (pokdarwis), pengelola destinasi wisata, pelaku usaha/seni kerajinan, dan pengelola atraksi seni budaya harus dilibatkan.

“Oleh karena itu, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengelola sekaligus mempromosikan objek wisata di daerah masing-masing, saya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pelayanan Kepariwisataan ini,” terang Firman.

Firman melanjutkan, atas nama Pemerintah Daerah, saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggara kegiatan yaitu Disparbudpora Kabupaten Tanggamus. Dan ucapan terimakasih atas peran serta Pemateri, Narasumber dan para peserta pelatihan.

“Semoga pelatihan ini banyak memberikan manfaat dan pengetahuan bagi peserta dalam mengelola destinasi wisata, sehingga Iebih profesional dan inovatif di dalam pelayanan dan pengelolaan objek wisata yang ada sehingga akan menghasilkan SDM yang cerdas, kreatif dan inovatif siap mengelola destinasti wisata menjadi lebih profesional, maju dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung di obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Tanggamus,” terangnya Firman.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga (Disparbudpora) menyampaikan pelatihan yang dihelat selasa 3 (tiga) hari dari tanggal 12 sampai 14 Juni 2019, dengan tujuan agar tercapainya pemahaman dan pengetahuan tentang tata kelola destinasi diseluruh elemen masyarakat dalam pengembagan destinasi pariwisata.

“Penataan destinasi pariwisata agar tertata baik dan berdaya saing mengajak peran serta lembaga masyarakat disekitar destinasi wisata. Membangun dan meningkatkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten,” ungkap Retno.

Untuk peserta pelatihan sendiri berjumlah empat puluh lima (45) Orang yang terdiri dari pokdarwis Kecamatan Pulau Panggung, Air Naningan, Sumberejo, Gisting dan Kelumbayan. “Yang menghadirkan nara sumber dari Dinas Pariwista Propinsi Lampung, Penggerak Pariwisata dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Tanggamus,” pungkas Retno. (sis).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.