Example 728x250
Bandar LampungDaerah

BMKG Gelar Sekolah Lapang Cuaca Online Nelayan di Provinsi Lampung

35
×

BMKG Gelar Sekolah Lapang Cuaca Online Nelayan di Provinsi Lampung

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung menggelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) 2020 secara online, kegiatan ini melibatkan, penyuluh perikanan, nelayan hingga petambak di Kota Bandar Lampung, Rabu, ( 30/9/2020 ),

bertempat di Aula pertemuan DKP Kota Bandar Lampung, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua HNSI Kota Bandar Lampung Kusaeri Suwandi. mengatakan, ” Maksud dan tujuannya pada kegiatan ini yaitu peserta memiliki pengetahuan tentang cuaca karena dari nelayan sendiri semua sektor perikanan itu tidak terlepas dari faktor cuaca, baik itu gelombang, arus laut, angin, dan faktor cuaca lainnya,”

“Lanjut Kusaeri, SLCN 2020 juga berdampak positif terutama hasil tangkap nelayan bisa meningkat dan maksimal dengan potensi yang telah diketahui melalui peta laut titik kumpul ikan, jangan sampai terjadi kecelakaan yang memang tidak terlepas dari faktor cuaca dan selain itu dapat meminimalisir kecelakaan di laut, ”

” Demi meningkatkan pemahaman dan pengetahuan nelayan terhadap informasi cuaca maritim. Diharapkan nantinya pengetahuan itu bisa mendukung kegiatan sektor perikanan dan kelautan”

“Dengan memperhatikan informasi cuaca maritim, sehingga terlihat korelasi terhadap hasil tangkapan atau budidaya perikanan, jadi konsepnya nelayan menangkap ikan bukan mencari ikan,” ucap Kusaeri lagi.

” Prinsip yang senantiasa digencarkan dari SLCN tidak lain perhatikan cuaca sebelum melaut. Karenanya, SLCN 2020 kali ini mengangkat tema ” Antisipasi Dampak Gelombang Tinggi Di Wilayah Perairan Provinsi Lampung “ini Dengan Informasi Cuaca Melaut Aman, Nelayan Sejahtera Indonesia Maju Dalam Masa Adaptasi Indonesia Baru,” terang Ketua HNSI Kota Bandar Lampung Kusaeri Suwandi.

SLCN 2020 di Provinsi Lampung di gagas oleh BMKG Maritim Lampung bekerjasama dengan HNSI DPD Lampung dan di break down oleh pengurus DPC Kabupaten/Kota, terutama di DPC HNSI Kota Bandar Lampung bersinergis dengan DKL Kota Bandar Lampung, dan Alhamdulillah kegiatan ini secara kolektif digelar di aula DKP Kota Bandarlampung serta kami ucapkan terima kasih atas support yang diberikan kepada kami, karena pada prinsipnya semua nelayan baik dari DKP Kota Bandarlampung atau HNSI sama, ungkapnya lagi

Kepala BMKG Provinsi Lampung Andi Cahyadi, menjelaskan, SLCN yang dilakukan secara online ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SLCN sebelumya dan kegiatan ini sudah dilaksanakan pada 14 – 16 September 2020 lalu, hingga saat ini. Karena ini merupakan agenda rutin secara nasional dari BMKG khusus nelayan, ” ungkapnya.

Lanjut Andi, secara konsekuensi kegiatan ini di buat online atau daring, karena kondisi pada saat masih Pandemi Covid-19, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan peserta yang banyak. Namun ada beberapa rekan – rekan yang berinisiatif seperti yang dilakukan HNSI Kota Bandar Lampung dengan di fasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bandar Lampung,”

Dan tujuan kegiatan ini
mampu memberi informasi apa saja yang perlu diketahui masyarakat, terutama nelayan. ” Karena bisa saja informasi BMKG yang dengan angka, warna, gambar, belum tentu nelayan itu bisa paham, perlu ada usaha bersama memberikan pemahaman maksud informasi itu apa,” ujar Andi lagi

Andi juga menegaskan, semua itu dilakukan demi menjamin informasi-informasi yang diberikan BMKG bisa dipahami masyarakat, sekaligus menjadi evaluasi diri bagi BMKG dalam menghadirkan informasi.

Andi Cahyadi berharap, pengetahuan yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan nelayan dengan mengambil keputusan, dan kegiatan ini akan terus dilaksanakan atas dorongan berbagai pihak khususnya pemerintah setempat, nanti kami BMKG yang akan menjadi narasumbernya. Dan setelah SLCN ini nelayan dimasa Pandemi Covid-19 maka aman dalam melaut tentunya kesejahteraan akan meningkat, pungkasnya.

Adapun narasumber pada kegiatan ini, BMKG Lampung menghadirkan Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo.MT, Perekayasa Madya Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung Dr. Suci Antoro M.Sc, dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Provinsi Lampung Jumaril SE.MM. (Helmi)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }