Example 728x250
Bandar LampungDaerah

Peringati Hari Santri dan Maulid Nabi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Berbagai Perlombaan di TPQ Roudhotul Jannah Lamsel

43
×

Peringati Hari Santri dan Maulid Nabi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Berbagai Perlombaan di TPQ Roudhotul Jannah Lamsel

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. dan Hari Santri Nasional tiga Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) DR (Dari Rumah) angkatan ke-75 Universitas Islam Negri Walisongo Semarang kelompok 144, menggelar berbagai macam perlombaan yaitu, cabang mewarnai kaligrafi, hafalan surat-surat pendek (untuk kategori anak usia TK dan SD), dan cabang adzan, cabang membaca juz amma dan qur’an yang berbasis tajwid (untuk kategori anak-anak jilid 5 dan 6), serta cabang hafalan doa-doa (untuk anak-anak jilid 1 dan 2). Kegiatan perlombaan dilaksanakan selama dua hari, 28 Oktober 2020 hingga 29 Oktober 2020.

Tiga Mahasiswi KKN (Kuliah Kerja Nyata) DR (Dari Rumah) angkatan ke-75 Universitas Islam Negri Walisongo Semarang kelompok 144, Siti Nur Aisyah Jamil, Puspa Dewi Fitriyani, dan Elis Destriyani mengunjungi kepala desa Beringin Kencana Dwitanto dan Miswandi selaku pengurus di TPQ untuk melakukan izin perlombaan di lembaga Taman Pendidikan al Quran “Roudhotul Jannah” bertempat di Desa Beringin Kencana, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Rabu, (28/10/2020) beberapa hari yang lalu.

Salah satu perwakilan mahasiswi KKN DR 75 Siti Nur Aisyah Jamil, menjelaskan, “kegiatan ini merupakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW. bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta untuk menambah wawasan kepada para santri agar para santri lebih semangat mengaji”
Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Rabu (28/10) hingga Kamis (29/10), kegiatan sengaja dilaksanakan dua hari saja, dikarenakan untuk mencegah terjadinya kerumunan banyak orang yang dapat menyebabkan penyebaran COVID19. Walaupun daerah tersebut termasuk zona hijau, kegiatan tetap dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Dalam melaksanakan berbagai perlombaan tersebut, para mahasiswa dibantu oleh ustad dan ustadzah yang mengajar di TPQ Roudhotul Jannah tersebut. Perlombaan tersebut diikuti oleh 60 peserta yang keseluruhan merupakan para santri dari TPQ Roudhotul Jannah sendiri.

Perlombaan dibagi menjadi lima cabang, meliputi : Cabang mewarnai kaligrafi dan cabang hafalan surat-surat pendek (untuk kategori anak usia TK dan SD), Cabang adzan, Cabang membaca juz amma yang berbasis tajwid (untuk kategori anak-anak jilid 5 dan 6), dan Cabang hafalan doa-doa (untuk anak-anak jilid 1 dan 2). Kegiatan perlombaan berjalan lancar, aman dan kondusif (Helmi)

Example 120x600
footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }