Example 728x250
Bandar Lampung

Kadinsos Provinsi Lampung, Sumarju Saeni Hadiri Rakor Bansos Pangan Rastra/BPNT

47
×

Kadinsos Provinsi Lampung, Sumarju Saeni Hadiri Rakor Bansos Pangan Rastra/BPNT

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL.COM,Bandarlampung, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni menghadiri Rakor Bansos Pangan Rastra/BPNT 12-15 Sept 2018 di Bogor, Jaya Barat.

Kehadiran Sumarju dimanfaatkan oleh penyelenggara yakni Direktur Penanganan Fakir Miskin Perdesaan, Naziarto untuk menyampaikan Testimoni pelaksanaan Rastra dan BPNT di Provinsi Lampung.

Dikatakan oleh Sumarju bahwa penerima bantuan Beras Sejahtera (Rastra) sebanyak …Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 13 Kabupaten.
Sedangkan penerima Bansos Pangan Non Tunai (BPNT) baru dua Kota yakni Bandar Lampung dan Kota Metro. Demikian disampaikan Sumarju pada saat menyampaikan Testimoni pada (13/09/2018) di Hotel Bogor Icon Hotel.

BPNT Kota Bandar Lampung dengan KPM sebanyak 49.711 dilaksanakan tahun 2017 bersamaan dengan 44 Kota di Indonesia. Jumlah e-warong sebanyak 71 kelompok. Berbagai kendala telah dihadapinya seperti saldo nol, dobel kartu, kartu dan buku tabungan terbit namun tidak termasud dalam Basis Data Terpadu (BDT). Disamping itu terdapat juga persaingan e-warong dengan BRI Link.
Pada setiap bulannya pada KPM berdasarkan kesepakatan pengurus e-warong sementara ini mendapatkan beras dan telor.

Namun yang menarik di Kota Bandar Lampung, suami-istri penyandang desabilitas yang bernama Wawan dan Susi secara sukarela membantu menghantarkan bantuan yang dicairkan pada e-warong kealamat KPM khususnya para Lansia, ibu hamil dan desabilitas. Katanya.

Tugas delevery dengan menggunakan kendaraan motor yang dimodifikasi menjadi roda 3, telah dilakoni suami-istri sejak tiga bulan yang lalu.
Wawan dan Susi hanya mampu melayani tiga e-warong yakni di Perum Korpri, Kedamaian dan Gunung Sulah, Bandar Lampung.
Tiga lokasi tersebut rata rata terlayani sebanyak 75 sd 100 KPM pada setiap bulannya.

Masih menurut Sumarju, pelaksanaan BPNT di Kota Metro dilaksanakan pada awal tahun 2018. Jumlah KPM sebanyak 6.087 dan terlayani melalui e-warong sebanyak 19 kelompok.
Berbeda dengan Bandar Lampung, e-warong di kota Metro juga melayani pembelian tunai dari masyarakat.
Demi tertibnya administrasi yang akuntabel dan transparans e-warong sebanyak 9 e-warong dilengkapi dengan aplikasi e-kasir dan e-barkode.

Sebagai salah satu upaya perceparan pendapatan KPM maka e-warong buka sampai dengan jamn17.00 dengan 2 shif. Shif pertama antara jam 8.00 sd jam 11.00 dan shif kedua jam 12.00 sd 17.00, masing masing shif dilayani sebanyak 2 orang pengurus sehingga dalam sehari 4 orang yang bertugas.

Pelayanan bansos BPNT masing masing KPM mendapatkan beras sebanyak 10 Kg dan telor ayam 1/2 kg. Sama dengan Kota Bandar Lampung penentuan tersebut berdasarkan kesepakatan pengurus e-warong.

Kedua kota tersebut pengadaan beras dan telornya dipercayakan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Sedangkan barang barang lainnya disaping modal bantuan senilai 20jt dari Kemensos RI juga dari barang-barang titip-jual (konsinyasi) dari pengusaha.
Dengan demikian KPM pengurus e-warong mendapatkan tambahan penghasilan pada setiap bulannya.

Selain Kadinsos Prov. Lampung yang menyampaikan testimoni juga Kadinsos Prov. Bengkulu, Iskandar dan Juga Kadinsos Prov. Kepulauan Riau, H. Doli Boniara.
Rakor yang dibuka secara resmi oleh Direktur Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI, Naziarto
Merupakan Rakor pelaksanaan Bansos Rastra dan BPNT Wilayah I dengan peserta debanyak 207 orang yang terdiri dari Provinsi Jawa Barat dan seluruh Provinsi di Sumatra. Pungkasnya.

(Helmi)

Example 120x600

Respon (1)

  1. Excellent article! The depth of analysis is impressive. For those wanting more information, I recommend this link: FIND OUT MORE. Keen to see what others think!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }