Example 728x250
Berita PilihanLampung Tengah

Cegah Wabah DBD, Pemkab Lamteng Gaungkan Gerakan Serentak Bersama Rakyat Berantas Jentik Nyamuk

60
×

Cegah Wabah DBD, Pemkab Lamteng Gaungkan Gerakan Serentak Bersama Rakyat Berantas Jentik Nyamuk

Sebarkan artikel ini

KARYANASIONAL. COM— Dalam rangka memberantas wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng), gaungkan gerakan serentak bersama rakyat berantas jentik nyamuk.

Bersama Dinas Kesehatan dan 39 Puskesmas Se-Lamteng, Pemkab Lamteng berupaya menangulangi masalah Demam Berdarah Dengue (DBD), yang kian meresahkan masyarakat dengan Gerakan Serentak Pembrantasan Sarang nyamuk (Gertak PSN 3 M Plus).

PLT Kepala Dinas Kesehatan Lamteng Edy Sunarko, SKM. MKM., mengatakan, bahwa dalam kegiatan ini, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto, S.Sos., bersama Dinas Kesehatan dan 39 Puskesmas Se-Lamteng, berusaha memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat Lamteng, tentang pentingnya 3M Plus.

“Masyarakat sudah sering mendengar 3M Plus, namun tidak di implementasikan. Padahal ini paling efektif membrantas DBD. Maka kami Dinas Kesehatan bersama 39 Pukesmas Se-Lamteng, akan bergotong royong menggaungkan 3 M Plus ke masyarakat, dengan roadshow kesebagian wilayah paling banyak kasus DBD. Mulai dari Kampung Terbanggi Subing, Kecamatan Gunungsugih, Kampung Bumi Mas, Kecamatan Seputih Agung, hingga Kampung Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar,” ucapnya.

Kata Edy, kasus DBD telah menjadi perhatian serius pemerintah pusat, khususnya juga Lamteng. Untuk itu, kita (Dinas Kesehatan) mengajak masyarakat memeragi DBD dengan metode 3M Plus. “Hingga saat ini dari data Dinas Kesehatan terdapat 119 kasus DBD,” terangnya.

Untuk menangulangi kasus DBD ini,  lanjut kata Edy, Dinas Kesehatan dan 39 Puskesmas Se-Lamteng akan bergerak bersama serentak membrantas DBD dan jentik nyamuk. “Dengan harapan 2019 Lamteng bebas zero jentik, dengan gerakan yang kita lakukan bersama,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, S.Sos., mengatakan, bahwa kegiatan Gertak 3M Plus, diharapkan bisa dilakukan mulai dari lingkungan kita masing-masing. Jangan menjadi kegiatan seremoni. Tapi harus dilakukan, dari tingkat kecamatan.

“Tingkat kecamatan harus menindak lanjuti. Harus kerja nyata, bukan life service. Kita laksanakan di seluruh wilayah di Kabupaten Lamteng,” ucap Loekman.

Dengan kondisi DBD yang sudah meresahkan masyakat, Loekman, menginstruksikan Kadis Kesehatan agar kegiatan ini jangan haya dilakukan di satu titik saja. Tapi dilakukan secara menyeluruh. Karena banyak masyarakat sudah resah dengan DBD.

“Saya sudah minta kepada Kadis Kesehatan untuk mengedukasi masyakat, memberantas DBD tidak dengan Foging Fokus. Karena tidak akan menyelesaikan masalah. Foging hanya membunuh nyamuk dewasa, jentik tidak akan mati dengan foging. Untuk itu, pelaku ditingkat Kecamatan, Posyandu, bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa foging tidak menyelesaikan masalah hanya membunuh nyamuk dewasa,” bebernya.

“Kadis kesehatan, laporan ke saya, kerena masyarakat sudah resah dengan DBD, masyarakat minta Foging. Saya bilang Foging tidak akan menyelesaikan  masalah,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Loekman, foging tidak akan kita kesampingkan tetap kita lakukan itu. Untuk menenangkan keresahan masyarakat. Foging akan kita lakukan sepanjang masyarakat sudah resah untuk menenangkan itu.

Loekman menambahkan, karena kita dinilai tidak tanggap. Dengan gerakan bersama, kita peduli dengan masyarakat. Daerah rawan DBD sudah terpetakan. wilayah kita ini banyak air tergenang. Sementara perkembangan yamuk Aedes Aegypti akan berkembang di air yang bersih.

“Ini harus di sosialisasikan ke masyarakat penampungan air bersih tempat perindukan nyamuk, di bak air. yang di sukai. Kita mulai di Terbangi Subing, Poncowati dan di Kecamatan masing-masing. 39 Puskesmas kecamatan jangan nunggun lagi,” ucapnya.

“Harapan saya kita harus kerja nyara, kita harus buktikan pemerintah peduli atas Kesehatan Masyarakat. Dalam kegiatan ini, kita juga lakukan pemberian abate di rumah warga sebagai percontohan, yang kita lakukan di Kampung Terbangi Subing,” tutupnya. (Rendra).

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

footer { display: block; background-color: black; color: white; border-top: 3px solid #c4a0a4; }